Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTS AT Taqwa Kresno Widodo Tahun Ajar 2021/2022

Latifah, Usnul (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTS AT Taqwa Kresno Widodo Tahun Ajar 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
usnul latifah PBA 18 - Latifah Husla.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Berbasis Mobile Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTS AT AT TAQWA KRESNO WIDODO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas VII. Kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Eksperimen. Adapun Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes Quiziz. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan menggunakan soal sebanyak 10 soal pilihan ganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pre-test post-test dari kedua kelas membuktikan terdapat pengaruh dalam penggunaan metode pembelajaran berbasis mobile learning. Berdasarkan Tabel 15 Uji-t dapat diketahui thitung > tabel yaitu 0,261 > 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui hasil uji t yakni pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh t-hitung sebesar - 0,965 < t-tabel 1,674, rata-tara kelompok eksperimen sebesar 71,93 dan kelompok kontrol 69,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meskipun penggunaan kedua metode sama-sama memberikan efek pada hasil belajar peserta didik, namun metode pembelajaran berbasis mobile learning lebih efektif untuk digunakan jika dibandingkan metode ceramah dalam hal peningkatan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Nov 2022 09:16
Last Modified: 04 Nov 2022 09:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6814

Actions (login required)

View Item View Item