Hanafi, M. Khaidir (2022) Strategi Pembelajaran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi M Khaidir Hanafi 1801011081 - M khaidir hanafi.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Melihat kejadian yang memang sudah terlaksana oleh berbagai sekolah terkait pembelajaran tatap muka dan juga pembelajaran daring ternyata masih banyak sebagian siswa yang memiliki tingkat minat belajarnya rendah terutama pada mata pelajaran PAI yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pekalongan pada masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada masa pandemi sangatlah rumit dikarenakan siswa tidak bertatap muka secara langsung, juga siswa menjadi memiliki tingkat minat belajar yang rendah dikarenakan sebagian siswa masih selalu mengabaikan penugasan yang sudah diberikan oleh guru baik itu ketika tatap muka ataupun daring. Namun dengan demikian, guru berusaha memaksimalkan dengan sebaik mungkin agar pembelajaran tetap terlaksana dengan baik yaitu dengan memaksimalkan strategi pembelajarannya kepada siswa ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka pertanyaan penelitian ini ialah bagaimana strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2020/ 2021, strategi pembelajaran apa yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2020/ 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2020/ 2021, mengetahui strategi pembelajaran apa yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2020/ 2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan sifat penelitian yakni deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi teknik. Sedangkan analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Pekalongan ini ada tiga strategi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran berbasis masalah, dan strategi pembelajaran kontekstual. (2) guru menyampaikan materi dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah, pada pelaksanaanya guru melihat suatu masalah yang terjadi pada peserta didik dan mengajarkan pada mereka apa yang harusnya dilakukan dan mengarahkan kea rah yang lebih baik lagi.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 08:41 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 08:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6815 |
Actions (login required)
View Item |