Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Media Digital Dalam Pemasaran Produk Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia)

Agustina, Leny (2022) Peran Media Digital Dalam Pemasaran Produk Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LENY AGUSTINA - 1704100218-2 - Leny Agustina.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Bank Muamalat Indonesia salah satu lembaga keuangan pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan operasionalnya. Bank sebagai lembaga keuangan perlu memperkenalkan produk yang ditawarkan oleh Bank kepada masyarakat. Peran media digital berkembang sangat pesat di Indonesia, sehingga PT Bank Muamalat Indonesia menggunakan media digital/sosial sebagai salah satu cara pemasaran. Selain memasarkan dengan tenaga marketing dan membuka event atau acara tertentu pemasaran melalui media digital bisa dikatakan dapat membantu media digital, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam bagaimana peran media digital dalam pemasaran pada produk Bank Syariah di Bank Muamalat Indonesia. ]

Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan riset kepustakaan (library research) atau studi pustaka. Disamping itu, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dimana penyelesaiannya menggunakan teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini akan diketahui bagaimana peran media digital dalam pemasaran produk pada Bank Muamalat Indonesia.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran media digital dalam pemasaran produk Bank Muamalat Indonesia yaitusebagai penghubung Bank Muamalat Indonesia dengan konsumen di dunia internet, sebagai metode efisiensi biaya bank muamalat indonesia, sebagai media pelayanan pelanggan real-time, sebagai media yang menjangkau pengguna smartphone, dan sebagai media pembantu persaingan dengan perusahaan lain.

Peran media digital dalam memasarkan produk-produk Bank Muamalat Indonesia cukup efektif karena paling transparan, menarik, dan interaktif. Peran media digital terhadap produk produk pada Bank Muamalat Indonesia dengan pemasaran/promosi melalui media digital/sosial seperti facebook, instagram dan twitter sampai saat ini cukup bagus. Hanya saja ada salah satu media digital/sosial seperti website tidak terlalu aktif/update pada Bank Muamalat Indonesia dalam memasarkan produk/jasa layanan di bank untuk meningkatkan nasabah dan dapat membuat nasabah lebih percaya untuk menggunakan produk/jasa layanan yang ada di Bank Muamalat Indonesia.

Kata Kunci: Peran Media Digital, Pemasaran Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:02
Last Modified: 04 Nov 2022 02:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6830

Actions (login required)

View Item View Item