Hidayati, Lutfi (2022) Strategi Pembelajaran IPS Era Pandemi Covid-19 di Kelas IV SDN 2 Banjarrejo. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI LUTFI HIDAYATI 1601050065 PGMI_untuk penggandaan ok - lutfi hidayati.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Pada era pandemi covid-19 semua bentuk kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah, atau daring. Dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi sesuai dengan peraturan pemerintah guna mencegah penyebaran covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran IPS era pandemi covid-19 di kelas IV SDN 2 Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan, bersifat deskriptif kualitafif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sumber data primer dan sumber data sekunder terkait dengan penerapan strategi pembelajaran IPS era pandemi covid-19 di kelas IV SDN 2 Banjarrejo. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran IPS era pandemi covid-19 di kelas IV SDN 2 Banjarrejo pada awalnya menerapkan strategi pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsaap group namun karena pembelajaran tidak berjalan optimal guru menggantikan dengan pembelajaran luring dengan metode penugasan dengan dua kali pertemuan dalam satu minggu. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran IPS di SD/MI, Strategi Pembelajaran IPS Era Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 02:32 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 02:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6833 |
Actions (login required)
View Item |