Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Sistem Pembelajaran Daring di Desa Kalibening Kecamatan Pekalongan Lampung Timur

Aisyah, Juni Siti (2022) Peran Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Sistem Pembelajaran Daring di Desa Kalibening Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
skripsi JUNI SITI AISYAH NPM.1801051034 - Juni Siti Aisyah(1).pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Selama sistem pembelajaran daring berlangsung kegiatan belajar anak sepenuhnya dilakukan dirumah. Dengan belajar dirumah diharapkan anak mendapatkan motivasi maupun bimbingan oleh orangtua. Karena sejatinya sebagian besar kehidupan anak adalam di dalam keluarga sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah dalam keluarga. Berdasarkan observasi orangtua hanya memberikan motivasi hanya berupa kata-kata dan nasehat, tetapi dalam keseharian anak masih kurang mendapatkan perhatian karena sibuk dengan pekerjaan sebagai petani dan pedagang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orangtua terhadap motivasi belajar anak selama sistem pembelajaran daring, untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi orangtua terhadap motivasi belajar anak selama sistem pembelajaran daring, dan untuk menjelaskan cara penyelesaian permasalahan yang dihadapi orangtua dalam memotivasi belajar anak selama sistem pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Desa Kalibening Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu orangtua anak kelas V Sekolah Dasar dan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu gambar, dokumen, dan buku-buku yang berkaitan dengan peran orangtua dan motivasi belajar anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Hasil data penelitian diperoleh bahwa, peran orangtua terhadap motivasi belajar dikriteriakan baik. Kendala yang diharapi orangtua dalam memotivasi belajar anak yaitu, orangtua sibuk dengan pekerjaanya, anak mengalami penurunan motivasi belajar, dan kurangnya kerjasama antara orangtua dengan guru. Cara mengatasi kenala tersebut yaitu dengan melakukan pembiasaan, melakukan pengawasan, dan pemberian hadiah maupun hukuman.

Kata Kunci : Peran Orangtua, Motivasi Belajar, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:46
Last Modified: 04 Nov 2022 07:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item