Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa SMA Negeri 1 Raman Utara

Putri, Rani Dwi (2022) Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa SMA Negeri 1 Raman Utara. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi rani dwi putri penggadaan edit - Rani Dwiputri.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah dorongan atau keinginan untuk belajar yang dimiliki siswa. Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, guru memiliki peran yang sangat besar yaitu guru perlu meningkatkan keterampilan pengelolaan kelas dengan menciptakan suasana kelas yang kreatif, kondusif, menarik dan menyenangkan. Permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah kurangnya antusias belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran, situasi dan kondisi kegiatan pembelajaran tidak kondusif, kegiatan pembelajaran terkesan monoton, pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru kurang maksimal dan siswa lebih banyak menghabiskan waktu belajarnya untuk bermain game dan membuka sosial media.

Adapun rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa SMA Negeri 1 Raman Utara?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar PAI siswa SMA Negeri 1 Raman Utara. Hipotesisi penelitian ini adalah “Ada atau Terdapat Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa SMA Negeri 1 Raman Utara”. Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 131 siswa dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIA.1 yang berjumlah 25 siswa.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dan dokumentasi. Kemudian analisis data untuk masing masing variabel bebas dan variabel terikat tergambar oleh nilai dari harga Chi Kuadrat. Sedangkan pengaruh dua variabel bebas terhadap variabel terikat dapat diketahui dari nilai koefisiensinya.

Setelah data dianalisis, diketahui bahwa Chi Kuadrat hitung lebih besar daripada Chi Kuadrat tabel, dimana Chi Kuadrat hitung sebesar 37,177 dan Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan.

Kata kunci : pengelolaan kelas, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:43
Last Modified: 04 Nov 2022 07:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item