Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung

Aini, Latifatul (2022) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Latifatul Aini Npm 1701010045 - latifatul aini30.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Adapun penyebab hasil belajar kurang maksimal dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat berakibat proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh metode role playing teradap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah kelas VIII A dan kelas VIII B MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menerapkan metode role playing dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah). Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data melalui hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan mengunakan uji- t dengan taraf signifikansi 0.05 maka diperoleh t hitung ≥ t tabel yaitu 3.54 ≥ 2.01, dan dari hasil perhitungan pre-test dan post-test dari kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kels kontrol menunjukan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan tidak jauh berbeda yaitu 63,3 untuk kelas kontrol dan 58,0 untuk kelas eksperimen. Sedangkan untuk hasil post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 77 untuk kelas eksperimen dan 69 untuk kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh metode role playing teradap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur.

Kata kunci: Metode Role Playing, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:40
Last Modified: 04 Nov 2022 07:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item