Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Tulis AL-QUR’AN di SMP Negeri 04 Tanjung Raja Lampung Utara

Wulandari, Titi (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Tulis AL-QUR’AN di SMP Negeri 04 Tanjung Raja Lampung Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
titi wulandari.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan belajar membaca tulis Al-Qur’an di SMP N 04 Tanjung Raja merupakan suatu gejala yang harus dihadapi oleh guru, oleh karena itu diperlukan upaya dari guru untuk dapat mengatasi hal tersebut.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar yang dialami siswa serta mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Mengetahui faktor penghambat serta pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca tulis Al-Qur’an kelas VII di SMP 04 Tanjung Raja tersebut

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, metode yang digunakan untuk pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk pengecekan keabsahan menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dimana data yang diperoleh dari berbagai sumber kemudian melakukan pengecekan kembali melalui teknik yang sama.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca tulis AlQur’an (1) diadakannya jam tambahan seperti BTQ; (2) memberikan pembiasaan membaca surat pendek sebelum jam pelajaran dimulai; (3) serta melakukan pendekatan dan bimbingan langsung terhadap siswa.

Faktor pendukung diantaranya merupakan suatu kewajiban bagi sesama muslim untuk mengajarkan Al-Qur’an pada sesama muslim, adanya keinginan dari siswa untuk belajar membaca tulis AL-Qur’an dengan baik dan benar, adanya lingkungan yang kondusif seperti pendidikan yang juga menjadi pendukung bagi siswa untuk dapat belajar.

faktor penghambatnya anak yang lebih aktif dan senang bermain sehingga ketika guru menjelaskan mereka masih asik dengan mainannya, waktu pembelajaran yang kurang, serta faktor lingkungan yang mempengaruhi pola perilaku, kurangnya dukungan dari orang tua sehingga mereka kurang semangat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Nov 2022 09:15
Last Modified: 04 Nov 2022 09:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6841

Actions (login required)

View Item View Item