Nurofi’ah, Mey (2022) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Hari. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI MEY - mey nur.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kurikulum didefinisikan sebagai serangkaian rencana kegiatan pendidikan, materi bahan ajar, metode kegiatan belajar mengajar disusun oleh instansi pendidikan dan diaplikasikan ke peserta didik demi tercapai tujuan pendidikan. Pendidik berperan aktif dalam mengembangkan kurikulum untuk mencapai tujuan dari lembaga pendidikan. Pendidik mengembangkan kurikulum secara mandiri dan bernilai daya cipta. Pengembangan kurikulum yang baik memberikan dampak positif bagi suatu lembaga pendidikan/ instansi sekolah.oleh karena itu pendidik haruslah dapat menerapkan kurikulum 2013 menitikberatkan pada pendekatan scientific education, yaitu yang menekankan pada lima langkah dalam memperoleh pengetahuan
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Hari Penawaja, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Batang Hari sudah berjalan dengan baik, dalam pelaksanaannya Guru PAI telah mengembangkan dan memperbaiki silabus dan RPP sesuai dengan kurikulum 2013, selain itu metode yang diterapkan adalah metode ceramah, diskusi, dan lain lain,serta pendekatan saintifik , karena dengan pendekatan saintifik siswa lebih aktif dalam mengidentifikasi dan menemukan masalah dimulai dari tahapan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasika sarana menggunakan LKS, papan tulis, LCD proyektor, sebelum dan mengakhiri pembelajaran dilakukan tas dengan cara mengerjakan tugas pada LKS pada materi yang telah di kerjakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 08:05 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 08:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6842 |
Actions (login required)
View Item |