Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Marketing Warteg Nathalie Dalam Meningkatkan Konsumen Menurut Ekonomi Islam (Study Kasus Warteg Nathalie Cakung, Jakarta Timur)

Cahyanti, Novita Yeda (2022) Analisis Strategi Marketing Warteg Nathalie Dalam Meningkatkan Konsumen Menurut Ekonomi Islam (Study Kasus Warteg Nathalie Cakung, Jakarta Timur). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Novita Yeda Cahyanti Skripsi 2022 - Novita Yeda.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pemasaran (marketing) dalam Ekonomi Islam merupakan kegiatan yang pelaksanaan strateginya sesuai dengan syariat Islam. Dimana sistemnya dibangun atas dasar dan tatanan Al-Quran dan Hadist dengan tujuan kemaslahatan bagi semua umat manusia. Namun seiring dengan perkembangan zaman situasi dan kondisi ini dapat mengalami perubahan. Strategi pemasaran (marketing) yang digunakan oleh Warteg Nathalie yaitu: strategi produk (product), strategi harga (price), strategi lokasi (place), dan strategi promosi (promotion).

Di dalam penelitian ini, peneliti mencari dan mengumpulkan data dengan manggunakan penelitian lapangan (failed study), kemudian sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data Induktif yang dimana untuk memperoleh data ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, yang kemudian keseluruhan data tersebut dianalisis secara induktif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi marketing yang efektif yang digunakan oleh Warteg Nathalie Cakung, Jakarta Timur untuk meningkatkan konsumennya yaitu di lihat dari strategi promosi (promotion) dan lokasi (place). Strategi promosinya, adanya hafalan surah Al Quran di hari Jumat dengan hadiah satu porsi makanan untuk lima penghafal pertama, dan es teh gratis, selain untuk tujuan keberkahan dalam hal ini juga di manfaatkan oleh pemilik usaha untuk mempromosikan atau memperkenalkan menu baru. Untuk segi lokasi sangat mendukung berbagai kalangan karena terdapat di daerah yang strategis dan tentu saja aman baik untuk penjual maupun konsumen yaitu dekat dengan pusat perbelanjaan, taman, pasar modern, dan rumah penduduk. Di tambah lagi dengan lokasi lahan parkir yang luas.

Kata Kunci : Strategi Marketing, Konsumen, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:30
Last Modified: 07 Nov 2022 08:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6847

Actions (login required)

View Item View Item