Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟An Santri Kelas Isti‟Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur

Nursoim, Rizki Ahmad (2022) Pengaruh Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟An Santri Kelas Isti‟Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
RIZKI AHMAD NURSOIM - ahmad soem.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran ilmu tajwid merupakan salah satu komponen bagi siswa dalam membaca Al-Qur‘an. Mempelajari hukum-hukum bacaan yang terdapat dalam ilmu tajwid seperti hukum bacaan nun mati dan tanwin, hukum mim mati, hukum mad. dan sifat huruf merupakan kriteria dalam membaca Al-Qur‘an. Dalam observasi di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum, dapat diketahui bahwa pembelajaran ilmu tajwid sudah dilaksanakan dengan baik. Namun banyak santri yang belum faham terkait dengan ilmu tajwid, sehingga kemampuan membaca Al-Qur‘an santri kurang baik.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Apakah ada Pengaruh Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur‘an Santri Kelas Isti‘dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur?. Tujuanya untuk mengetahui kemampuan membaca Al Qur‘an Santri Kelas Isti‘dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh santri kelas istidad yang berjumlah 116 santri, adapun sampel teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel ialah cluter sampling (area sampel). Dari teknik tersebut terpih lah kelas istidad D, maka sampel penelitian ini yaitu kelas istidad yang berjumlah 30 santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : ―Ada pengaruh pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur‘an Santri Kelas Isti‘dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur‖. Kemudian, teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan rumus product moment.

Selanjutnya setelah dilakukan analisis pengaruh antara variabel X (pembelajaran ilmu tajwid) dan Y (kemampuan membaca Al-Qur‘an) menunjukan bahwa r hitung 0,275 lebih besar dari r tabel signifikan 5% dengan 0,176. Sehingga dalam penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur‘an santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:45
Last Modified: 07 Nov 2022 08:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6850

Actions (login required)

View Item View Item