Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Industri Keripik Pisang Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Islam (Studi Kasus Keripik Pisang Sofy Dusun Kotagajah Timur Kecamatan Kotagajah)

Ridho, Sayid Muhammad (2022) Strategi Pengembangan Industri Keripik Pisang Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Islam (Studi Kasus Keripik Pisang Sofy Dusun Kotagajah Timur Kecamatan Kotagajah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SAYID MUHAMMAD RIDHO - 1502040191 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Daya saing dapat diciptakan maupun ditingkatkan dengan penerapan strategi bersaing yang tepat, salah satunya dengan pengelolaan sumber daya secara efektif dan efisien. Selain itu, penentuan strategi yang tepat harus disesuaikan dengan seluruh aktivitas dari fungsi perusahaan, sehingga akan menciptakan kinerja perusahaan sesuai dengan yang diharapkan bahkan lebih dan dapat menghasilkan nilai. Fokus dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan yang dilakukan oleh Industri Kripik Pisang Sofy.

Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (feld research). Sumber data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis berfikir induktif.

Hasil penelitian strategi pengembangan industry pemilik industry Kripik Pisang Sofy meenggunakan strategi diversifikasi dan strategi intensif. Strategi diversifikasi dilakukan dengan cara penambahan variasi rasa pada produk kripik pisang Sofy. Sedangkan strategi intensif dilakukan dengan cara pembaruan media penjualan yang seblumnya hanya tradisional untuk saat ini merambah ke dunia e comerce. Dalam perspektif manajemen Islam industry Keripik Pisang Sofy dalam beroperasi sudah menjalankan lima unsur pokok dalam manajemen yaitu Planing (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuanting (Pelaksanaan), Controling (Pengendalian) dan Leading (Memimpin).

Kata Kunci: Strategi Diversifikasi, Strategi Intensif, Manajemen Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:18
Last Modified: 07 Nov 2023 03:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item