Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Maraknya Sistem Jual Beli Ijon Presfektif Etika Bisnis Islam (Studi Di Kelurahan Mulyosari 16 Polos Kecamatan Metro Barat)

Wahyuni, Elvina Dwi (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Maraknya Sistem Jual Beli Ijon Presfektif Etika Bisnis Islam (Studi Di Kelurahan Mulyosari 16 Polos Kecamatan Metro Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ELVINA DWI WAHYUNI - 1702040021 - ESy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam ekonomi Islam, salah satunya ialah jual beli dengan sistem ijon yang belum diketahui jumlah serta kualitasnya, seperti jual beli padi dan buah-buahan. Saat menggunakan sistem ijon pada penjualan padi, kondisi padi itu sendiri masih berada di pohon dan belum di panen, sehingga mereka tidak mengetahui secara pasti kuantitas serta kualitasnya. Hal ini menimbulkan ketidakjelasan dari barang tersebut. Sedangkan dalam kaitannya dengan paradigma Islam tentang etika bisnis merupakan etika bisnis yang mengedepankan nilai-nilai Al-Qur’an, dimana nilai-nilai tersebut meliputi: kesatuan (tauhid), Keseimbangan (keadilan), Kehendak bebas, Tanggung jawab. Kelurahan Mulyosari merupakan salah satu kelurahan yang berada di bawah pemerintahan kecamatan Metro Barat Kota Metro. Mayoritas penduduknya bersuku jawa dan beragama Islam. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai petani, khususnya petani padi. Masih ditemukan jual beli pada padi yang belum saatnya untuk di jual.disini peneliti mengambil para penjual dan pembeli yang masih sering melakukan jual beli dengan cara ijon tersebut dan mencari penyebab atau faktor-faktor mengapa mereka melakukan jual beli dengan cara ijon tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu peneliti harus mendeskripsikan suatu obyek, fenomena atau lingkungan sosial yang akan di tulis dalam tulisan naratif. Penentukan responden pada penelitian menggunakan teknik non random sampling dengan menggunakan purposive sampling dalam menentukan sampel penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil wawancara Petani dan Pemborong yang masih melakukan kegiatan jual beli ijon di Kelurahan Mulyosari 16 Polos.Tahapan terakhir yaitu penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode berfikir induktif melalui analisis fakta real yang terjadi di lapangan terkait faktor yang menyebabkan masih terjadinya jual beli ijon di Desa Mulyosari 16 Polos.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, faktor yang mempengaruhi jual beli Ijon di Kelurahan Mulyosari 16 Polos Kecamatan Metro Barat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal meliputi kebutuhan pokok dan mencari keuntungan. Faktor eksternal yaitu meliputi faktor budaya, referensi kelompok, serta faktor situasional. Jual beli padi di Kelurahan Mulyosai 16 Polos belum memenuhi prinsip-prinsip etika bisnis islam. Seperti prinsip di atas tauhid, ihsan dan prinsip keseimbangan yang belum terpenuhi.

Kata Kunci: Jual Beli, Ekonomi, Etik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:18
Last Modified: 07 Nov 2023 03:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item