Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Peternakanayam Petelur Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Peternak Di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung

Saputra, Setiawan Jaya (2022) Strategi Pemasaran Peternakanayam Petelur Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Peternak Di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SETIAWAN JAYA SAPUTRA -1704040159 - ESy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Agribisnis merupakan salah satu sektor dalam melakukan kegiataan perekonomian yang berbasis pada usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya. Kegiatan dalam sektor agribisnis meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil serta pemasaran yang termasuk di dalamnya peternakan ayam. Telur ayam merupakan suatu komoditas yang banyak dikonsumsi karena kaya akan nutirisi serta sangat mudah diperoleh di kios-kios. Kebutuhan pasar terhadap telur yang semakin meningkat, disertai dengan lokasi yang strategis menjadikan sebuah peluang untuk mengembangkan usaha peternakan ayam ras petelur khusunya di desa Negara Batin. Sedangkan ancaman yang sampai saat ini masih dikhawatirkan oleh sebagian besarpeternak ayam ras petelur adalah fluktuasi harga pada telur.

Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran peternakan ayam petelur di Desa Negara Batin dan bagaimana peningkatan pendapatan peternak ayam petelur di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan menganalisis pendapatan peternakan ayam petelur di Desa Negara Batin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriftif kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan berfikir induktif.

Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh peternak didesa Negara batin ada yang mengurangi harga telur untuk menarik minta konsumen dan juga beberapa peternak ayam petelur ada yang menggunakan media digital aplikasi facebook untuk mempromosikan dan menjual telur hasil produksi mereka karena mudah digunakan dan tidak memerlukan modal yang besar serta cakupannya luas sehingga berdampak baik untuk omset penjualan, dan masih ada yang menjual dengan cara memasarkan kewarung secara langsung. Sedangkan peningkatan pendapatan peternak ayam petelur di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur, mendapatakan peningkatan pendapatan dari hasil berternak ayam petelur, dari pendapatan tersebut peternak ayam petelur dapat mencukupi kebutuhan keluarga dan kebutuhan lainnya.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Peternakan Ayam Petelur dan Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:04
Last Modified: 09 Nov 2022 04:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6887

Actions (login required)

View Item View Item