Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Literasi Dan Minat Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Desa Sukajadi Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur)

Sari, Bela Puspita (2022) Literasi Dan Minat Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Desa Sukajadi Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI BELA PUSPITA SARI -1804102008 - S1 PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang literasi minat masyarakat menabung di bank syariah. Banyak peresepsi masyarakat terutama masyarakat desa sukajadi mengenai pemahaman tentang produk bank syariah itu masih sama dengan lembaga keuangan lainnya seperti bank konvensional. Padahal sebenarnya produk dari bank syariah itu berjalan dengan prinsip agama islam dan hadist. Bank syariah harus tepat mengambil keputusan untuk menghadapi masalah utama yang dihadapi lembaga bank syariah yaitu bagaimana lembaga bank syariah dapat menarik nasabah agar nasabah bergabung dilembaga bank syariah. Masalah utama yang dihadapi bank syariah ini adalah bagaimana perusahaan menarik minat pelanggan dan mempertahankan perusahaan agar perusaan dapat berkembang dan bertahan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka diperlukan stratergi pemasaran produk yang tepat. Karna pemasaran adalah hal yang sangat penting dalam setiap kegiatan yang berhubungan langsung dengan ke butuhan konsumen. Agar memasarkan bank syariah sesuai sasaran maka pemasar harus memperhatikan prilaku konsumen atau masyarakat dengan baik, seperti penciptaan produk yang dapat menarik konsumen, penentuan pasar sasaran dan promosi yang tepat kebutuhan konsumen.

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada kepala desa, dan masyarakat desa Sukajadi kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber data untuk tujuan penelitian, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari literatur, jurnal dan laporan hasil penelitian yang memiliki relevansi dengan penelitian.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di desa Sukajadi diperoleh bahwa Literasi dan minat masyarakat terhadap produk perbankan syariah adalah faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah usia, intelejensia, pengalaman, pekerjaan, lingkungan, dan informasi adalah faktor yang sangat penting bagi literasi masyarakat untuk menentukan pilihan dalam pengambilan keputusan untuk menjadi nasabah di bank syariah. Relevansinya terhadap keputusan menjadi nasabah adalah ketika faktor-faktor tersebut baik faktor internal maupun faktor ekternal ada didalam setiap individu mayarakat yang akan bergabung dilembaga keuangan syariah.

Kata Kunci : literasi, Minat, Produk perbankan Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Nov 2022 05:03
Last Modified: 09 Nov 2022 05:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6891

Actions (login required)

View Item View Item