Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Anak di Pemangku Galur Desa Gunung Terang

Mualimah, Siti (2022) Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Anak di Pemangku Galur Desa Gunung Terang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SITI MUALIMAH NPM. 1801083008 - IPS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Perilaku sosial anak di Pemangku Galur Desa Gunung Terang menurun dengan adanya pembelajaran daring seperti sikap melawan dengan orang tua, tumbuhnya sifat bergantung pada anak dan juga timbul sifat agresif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial anak di Pemangku Galur Desa Gunung Terang, Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu anak yang berada di Pemangku Galur dengan usia 7-12 tahun yang berjumlah 30 anak dan orang tuanya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pembelajaran daring yang ada di Pemangku Galur Desa Gunung Terang menggunakan aplikasi whatsapp grup, terdapat dua dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial anak yakni dampak positif dan negatif dampak positifnya meliputi anak dapat diterima di lingkungan sosialnya, anak suka bergaul, memiliki rasa simpatik, adanya sikap suka bersaing. Sedangkan dampak negatifnya meliputi, tumbuhnya sifat pengecut secara sosial, sifat pasif secara sosial, tumbuhnya sifat bergantung, tumbuhnya sifat tidak ramah, tumbuhnya sifat agresif, dan terdapat sikap pamer. Dampak yang paling berdampak yaitu “Dapat diterima” terdapat 28 anak atau 93,3% anak yang berdampak dengan kriteria penilaian “Sangat Baik”. Sedangkan dilihat dari dampak negatifnya yang paling berdampak yaitu “Sifat Pasif Secara Sosial” terdapat 27 anak atau 90% anak yang berdampak dengan kriteria penilaian “Sangat Kurang”.

Kata kunci: Pembelajaran daring, Perilaku Sosial, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Nov 2022 05:08
Last Modified: 09 Nov 2022 05:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item