Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Personal Selling Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Kasus: Kspps Dana Purnama Mandiri 21 D, Yosomulyo, Kota Metro)

Kurnia, Wiwik (2022) Strategi Personal Selling Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Kasus: Kspps Dana Purnama Mandiri 21 D, Yosomulyo, Kota Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WIWIK KURNIA - 1804100109 - S1 PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Strategi yang digunakan didalam KSPPS tersebut, yang pertama pihak marketing menawarkan berupa produk-produk yang ada didalam KSPPS tersebut kepada calon anggota dengan cara mendatangi rumah masing masing anggota. Seorang karyawan yang menawarkan produk kepada calon anggota harus mempunyai etika yang baik dan sesuai dengan etika bisnis Islam. Karyawan muslim yang menawarkan atau menjual produk kepada anggota perlu memiliki sikap-sikap yang baik dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang ada di KSPPS. Namun pada pelaksanaannya masih ada beberapa karyawan yang kurang ramah, kurang jujur dan kurang bertanggungjawab atas penjelasan mengenai produk.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ppenelitian lapangan (field research),penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis maka peneliti menyimpulkan bahwa strategi personal selling yang diterapkan di KSPPS Dana Purnama Mandiri yang kurang memenuhi prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu mengenai prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran (kebajikan dan kejujuran). Dimana seorang tenaga marketing dalam melakukan personal selling harus jujur dan bertanggung jawab atas segala perbuatan dan ucapannya terhadap anggota, karena hal itu mempengaruhi tingkat kepercayaan anggota. Kurangnya pelatihan terhadap karyawan menyebabkan karyawan bersikap kurang ramah kepada anggota serta kurang bertanggung jawab atas menjelaskan produk-produk dengan melebih lebihkan dan membanding-bandingkan.

Kata Kunci: Strategi Personal Selling, Etika Bisnis Islam, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:29
Last Modified: 09 Nov 2022 07:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6897

Actions (login required)

View Item View Item