Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Bisnis Rumah Makan CV. Pondok Salero 29 Metro Utara Dalam Perspektif Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam

Septiarini, Dwi (2022) Strategi Bisnis Rumah Makan CV. Pondok Salero 29 Metro Utara Dalam Perspektif Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
DWI SEPTIARINI - Redho Bellardo.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Memulai dan menjalankan bisnis tentu tidak boleh terlepas dari etika karena mengimplementasikan etika dalam bisnis akan mengarahkan kehidupan manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dalam bentuk memperoleh materil dan kebahagiaan akhirat dengan memperoleh ridha Allah Swt. Salah satu usaha/bisnis yang terus berkembang yaitu usaha makanan siap saji. Usaha usaha makanan banyak diminati karena dianggap pengembalian modal yang relatif cepat dan juga merupakan sumber primer masyarakat. Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan usaha makanan mempunyai strategi dalam mempertahankan pembelinya. Tentunya setiap rumah makan memiliki strategi yang berbeda. Salah satu usaha rumah makan yang saat ini cukup banyak digemari oleh pelanggan yaitu Rumah makan CV. Pondok Salero yang terletak di Jalan Patimura 29 Banjarsari Metro Utara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis Rumah Makan CV. Pondok Salero 29 Metro Utara dalam Perspektif Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bisnis Rumah Makan CV Pondok Salero 29 Metro Utara sudah cukup baik. Dalam bauran pemasaran diterapkan menggunakan 7P yaitu produk (product), harga (price), distribusi (place), promosi (promotion), bukti fisik (phsycial evidence), partisipan (people). Produk yang dijual di Rumah Makan CV Pondok Salero sama tetapi cita rasa tersendiri dari setiap Rumah Makan minang pasti memiliki resep yang berbeda, beda nya yaitu merupakan resep turun-menurun dari orang tua. Harga termasuk terjangkau dari Rp. 5. 000- Rp. 25. 000. Distribusinya sendiri berada di lingkungan ramai padat penduduk, dekat perkantoran dan perguruan tinggi sehingga sangat stategis dalam usaha bisnis. Rumah Makan CV Pondok Salero belum maksimal dalam menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Prinsip yang sudah diterapkan yaitu keseimbangan kehendak bebas bertanggung jawab sedangkan yang lainnya belum maksimal diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:51
Last Modified: 10 Nov 2022 08:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item