Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Shalat Dzuhur Berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 Metro Sebagai Sarana Pembentukan Akhlak

Haryono, Nanda Septa (2022) Implementasi Shalat Dzuhur Berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 Metro Sebagai Sarana Pembentukan Akhlak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NANDA SEPTA HARYONO 1601010172 (19-07-2022) - Nanda Septa Haryono.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Implementasi pembiasaan shalat dzuhur berjama‟ah adalah salah satu cara dalam meningkatkan akhlak siswa maka dalam pelaksanaannya dilakukan cara-cara yang tepat agar dalam pelaksanaanya sesuai dengan tujuan yang diharapkan terciptanya siswa yang memiliki akhlak sesuai dengan fitrahnya yang cenderung kepada kebenaran, terutama tercegah dari perbuaan keji dan mungkar. Melalui șalat berjama‟ah akan terbina sikap saling mengenal, saling menasehati dan memberikan pelajaran, tumbuhnya rasa kasih saying dan tolong menolong atas kebaikan dan taqwa. Disamping itu dapat juga memperhatikan orang-orang yang lemah, sakit, dan orang yang dalam kesusahan, sehingga persoalan-persoalan mereka dapat diatasi. Maka berdasarkan latar-belakang di atas, peneliti mengambil judul penelitian: “Implementasi Shalat Dzuhur Berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai Sarana Pembentukan Akhlak”

Adapun pertayaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimanakah implementasi shalat dzuhur berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai sarana pembentukan akhlak? 2) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi implementasi shalat dzuhur berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai sarana pembentukan akhlak.? Dan tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui implementasi shalat dzuhur berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai sarana pembentukan akhlak. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi shalat dzuhur berjamaah di SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai sarana pembentukan akhlak.

Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif lapangan (field research), bersifat deskriptif. Sumber data pada penelitian ini meliputi: sumber data primer terdiri dari. Guru Al-Islam dan Keagamaan, Pembina IPM dan 8 Siswa. Sumber data sekunder meliputi: data guru, data siswa, buku induk, buku Absensi Sholat, dan Buku BK, dan lain-lain. Tehnik pengumpulan data memakai metode: Dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis data secara induktif, dan dilakukan interaktif melalui reduksi data (data reduction), penyajian data ( data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification). tehnik keabsahan data memakai tehnik triangulasi tehnik.

Hasil dari Penelitian ini berdasarkan rumusan maslah adalah 1) Melalui pelaksanaan ibadah shalat dzuhur secara berjamaah, diajarkan untuk belajar tanggung jawab, melatih sikap disiplin diri, menuntut kesadaran diri, perasaan nyaman, tenang, menjalin ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia), kerja sama, ketaatan, kesabaran, keikhlasan serta keistiqamahan. 2) faktor Inteernal antara lain: perasaan malas, dan prilaku siswa. Untuk faktor eksternal antara lain: faktor kebiasaan di lingkungan keluarga, faktor cuaca dan faktor pelajaran atau praktek tehnik mesin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:51
Last Modified: 15 Nov 2022 00:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item View Item