Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Wasilatul Huda Surabaya Udik Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015

Muslikhah, Binti (2015) Penggunaan Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Wasilatul Huda Surabaya Udik Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
BINTI MUSLIKHAH_1174715.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di MI Wasilatul Huda Surabaya Udik Kec Sukadana Kab Lampung Timur adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas V semester ganjil TP.2014/2015 pada mata pelajaran bahasa arab. Pada intinya, masalah ini bertumpu pada bagaimana guru menciptakan interaksi yang efektif, aktif serta menyenangkan dalam proses pembelajaran. Maka dapat dimengerti bahwa masalah ini dikarenakan beberapa faktor yaitu kurang bervariasinya guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa dan belum optimalnya guru dalam memanfaatkan media yang dapat menunjang proses pembelajaran. Siswa membutuhkan contoh yang konkrit, sehingga salah satu cara untuk mengatasi keadaan demikian ialah pengggunaan media dalam proses belajar mengajar, karena fungsi media dalam kegiatan tersebut disamping sebagai penyaji informasi yang kuat, juga untuk memperjelas konsep yang diajarkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah media audio visual dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab Kelas V MI Wasilatul Huda Surabaya Udik Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa arab kelas V MI Wasilatul huda Surabaya Udik Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015.

Pada pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media audio visual ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Analisis data menggunakan Kuantitatif dan kualitatif. Pada siklus I diperoleh hasil analisis motivasi belajar siswa sebesar 65,02% atau dalam kategori cukup dan siklus II sebesar 76,79% termasuk kategori baik, artinya terjadi peningkatan sebesar 11,77%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 64,70% dan siklus II mencapai 88,23%, mengalami peningkatan sebesar 23,53%. Berdasarkan peningkatan motivasi dan hasil belajar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI wasilatul Huda Surabaya Udik Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:07
Last Modified: 17 Nov 2022 05:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item