Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Modul Pteridophyta Purbakala Pugung Raharjo sebagai Sumber Belajar di Masa Pandemi Covid-19 SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik

Fadilah, Ahmad (2021) Pengembangan Modul Pteridophyta Purbakala Pugung Raharjo sebagai Sumber Belajar di Masa Pandemi Covid-19 SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AHMAD FADILAH - Ahmad Fadilah.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan sumber belajar yang bervariatif dapat membantu kegiatan pembelajaran menjadi efektif, efisien dan dapat digunakan secara mandiri. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi diperoleh data bahwa sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi
pteridophyta adalah buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil wawancara dengan siswa diperoleh data bahwa siswa membutuhkan sumber belajar tambahan yang bervariatif, menarik, dan dapat digunakan secara mandiri. Sumber belajar
yang dapat digunakan siswa belajar secara mandiri yaitu modul.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis kelayakan dan menganalisis respon guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development and Evaluation). Subjek ujicoba pada penelitian ini yaitu satu orang guru dan sepuluh orang siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan instrumen pegumpulan data menggunakan angket google form.
Hasil validasi produk oleh ahli materi dilakukan sebanyak tiga kali, diperoleh persentase skor akhir sebesar 94%, termasuk kategori “Sangat valid”, sedangkan hasil validasi ahli modul dilakukan sebanyak dua kali, diperoleh persentase skor akhir sebesar 94%, termasuk dalam kategori “Sangat valid”. Hasil respon guru diperoleh persentase skor sebesar 80%, termasuk dalam kategori “Sangat valid” dan hasil respon siswa diperoleh persentase skor sebesar 71,25%, termasuk kategori “Valid”. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 84,8%, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk modul pteridophyta yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 18 Nov 2022 00:52
Last Modified: 18 Nov 2022 00:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item