Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 2 Simpang Agung

Sari, Puspita (2022) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 2 Simpang Agung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PUSPITA SARI - 1701050077 - PGMI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Sebagai pendidik guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan siswa dalam belajar. Pembelajaran akan berhasil apabila guru dan siswa saling bertukar informasi dan pengetahuan. Berdasarkan hasil Pra-Survey di SD Negeri 2 Simpang Agung sistem pembelajaran dilakukan secara online dan tatap muka. Untuk penugasan guru memberikan tugas secara langsung kepada siswa. Pertanyaan peneliti ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 2 Simpang Agung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 2 Simpang Agung.

Motivasi Belajar adalah kekuatan yang berasal dari diri seseorang untuk mendorong manusia untuk melakukan suatu kegiatan untuk mencapai suatu tujuannya. Guru adalah pendidik profesional secara implisit yang dimana merelakan menanggung dan memikul sebagian tanggung jawab pendidikan yang dipikul para orangtua.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan dan bersifat deskriftif. Sumber dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, melakukan analisis data dan penarikan kesimpulan.

Guru di SD Negeri 2 Simpang Agung memiliki peranan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun peranan guru yaitu guru sebagai pengajar, guru sebagai motivator, guru sebagai contoh dan teladan, guru sebagai sumber belajar dan fasilitator, dan guru sebagai pembimbing.

Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 2 Simpang Agung dapat dikatagorikan baik dari hasil wawancara dengan kelima siswa menyatakan bahwa empat dari lima siswa mengalami kenaikan motivasi belajar yang sangat baik dan dengan berbagai cara yakni dengan memberikan tugas kepada siswa agar terlatih dalam mengerjakan soal, memberikan hadiah ataupun reward baik berupa pujian dan nilai, menjelaskan tujuan belajar kepada siswa, memberikan persaingan atau kompetensi kepada siswanya, menggunakan media yang baik serta harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan menggunakan metode bervariasi. Tidak hanya sekedar menjadi motivator, guru juga sebagai pengajar, pembimbing, Fasilitator dan sumber belajar, dan tidak lupa sebagai model dan teladan bagi seluruh siswa.

Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Peran Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:05
Last Modified: 18 Nov 2022 01:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6938

Actions (login required)

View Item View Item