Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo Lampung Timur)

Rozi, Rizky Fachrul (2022) Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo Lampung Timur). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Rizky Fachrul Rozi - 1602100182 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan keuangan yang pesat dan ditambah dengan banyaknya lembaga keuangan di Indonesia menyebabkan munculnya persaingan antar lembaga keuangan. Lembaga keuangan harus memiliki cara tersendiri untuk menarik minat nasabahnya, yaitu dengan merancang strategi pemasaran. Bank Syariah dari segi produk lebih unggul dibandingkan dengan BMT. Tetapi, untuk di pedesaan BMT lebih unggul peminatnya. Dalam penelitian ini, peneliti tengah meneliti satu-satunya Bank Syariah di daerah Purbolinggo, Lampung Timur. Peneliti lebih memfokuskan pada desa yang menjadi pusat perekonomian di Purbolinggo, yaitu Desa Tanjung Inten. Dalam radius kurang lebih 600 meter dari pusat perbelanjaan, daerah tersebut terdapat satu Bank Syariah, yaitu BPRS Aman Syariah dan dua BMT yang masih aktif, yaitu BMT Assyafi’iyah dan BMT Baskara Asri Sejati. BPRS Aman Syariah masihlah tergolong baru jika dibandingkan dengan lembaga keuangan syariah lainnya. Sehingga belum dikenali oleh masyarakat di daerah tersebut. Hal itulah yang menjadi faktor sulitnya bersaing dengan lembaga keuangan syariah lainnya di daerah tersebut.

Jenis penelitian yang penelitu gunakan adalah penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif kualitatif. Kemudian sumberdata primernya adalah wawancara dengan Direktur, Kepala Kas, Karyawan bagian Pembiayaan dan Nasabah BPRS Aman Syariah. Lalu sumber data sekundernya peneliti kumpulkan dari berbagai buku serta dokumen-dokumen yang tersedia baik secara online maupun offline.

Berdasarkan hasil penelitian Strategi pemasaran yang digunakan ole h BP RS Aman Syariah Kanto r Kas Purbolinggo adalah market mix/bauran pemasaran yang terdiri terdiri dari 7 P yait u Produc t, Price, Promotion, Place, People, Process, Physica l Evidence. Produ k (product) BP RS Aman Syaria h Kanto r Kas Purbolinggo menawarkan berbagai banyak produk yang dibutuhkan oleh nasabah dan calon nasabah. Tempa t (place) dimana BP RS Aman Syaria h Kanto r Kas Purbolinggo bertempat di pusat perekonomian di daerah tersebut. Melalukan kegiatan promosi (promotion) yait u mendatangi tokoh-tokoh masyarakat dan organisasi di sekitar kantor serta menyebarkan brosu r, .Harga (price) lebih unggul dari lembaga keuangan syariah lainnya, karena tidak memberikan biaya administrasi, namun terdapa t kendala pada Sumbe r Daya Manusia atau orang (people) karena kekurangan karyawan. Dari segi proses (process) BPRS Aman Syariah selalu mengutamakan kepuasan nasabah dengan memberikan produk yang dibutuhkan yang bahkan tidak disediakan, tetapi atas perizinan Dewan Pengawas Syariah. Bukti fisik (physical evidence) mendesain bangunan semenarik mungkin agar membat nasabah dan calon nasabah nyaman. Kata kunci: Strategi, Bisnis, Lembaga Keuangan Syariah (LKS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:13
Last Modified: 18 Nov 2022 01:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6940

Actions (login required)

View Item View Item