Hartono, Tri (2011) Konsep Pendidikan Islam dalam Membina Kepribadian Anak (Studi Kasus Di Desa Sri Rejosari Kec. Way Jepara Kab. Lampung Timur) Tahun 2011. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi Tri Hartono_0629401.pdf - Other Download (33MB) |
Abstract
Pembinaan kepribadian anak dapat diartikan sebagai pembinaan watak individu agar dapat membentuk kepribadian anak yang sesuai dengan ajaran agama Islam, sehingga dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya yang dipancarkan dari aturan-aturan baik perintah maupun larangan yang sudah diatur dalam agama Islam. Pembinaan kepribadian anak merupakan salah satu tonggak penting untuk menciptakan individu-individu yang berakhlakul karimah yang menjadi harapan bagi orangtaua, bangsa serta agama. Oleh karena bentuk pembinaan kepribadian harus diiaksanakan sejak masa kanak-kanak.
Dalam Islam, pendidikan merupakan bagian yang luar biasa pentingnya, bahkan dapat dikatakan bahwa tujuan mendasar dari diturunkannya kitab-kitab suci dan agama- agama samawi serta pengutusan para Nabi adalah untuk memberikan pendidikan yang benar bagi manusia.Untuk membentuk kepribadian anak pasti ada cara-cara yang digunakan oleh orangtua dalam membentuk kepribadian anak yakni melalui pembinaan gaya bicara, sikap, perhatian, kebiasaan dan sebagainya sehingga anak tersebut memiliki nilai-nilai dan kualitas akhlak yang sesuai dengan agama yang dianutnya dalam hal ini agama Islam.
Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah Ruang lingkup penelitian yaitu RT 08 RW 03 Dusun | desa Sri Rejosari Kec. Way Jepara Kab. Lampung Timur , Subyek dalam penelitian adalah orang tua di RT 08 RW 02 Dusun 1 desa Sri Rejosari Kec. Way Jepara Kab. Lampung Tiinur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan, materi dan metode dalam Membina Kepribadian Anak di Desa Sri Rejosari Kec. Way Jepara Kab. Lampung Timur. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil pengumpulan data yang peneliti peroleh tentang Konsep Pendidikan Islam dalam Membina Kepribadian Anak di Desa Sri Rejosari Kec. Way Jepara Kab. Lampung Timur adalah tujuan pembinaan Kepribadian anak adalah agar memiliki keimanan yang kuat, selalu melaksanakan perintah dan menjauhi larangaNya, serta agar memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur. Metode yang digunakan adalah metode keteladanan, nasehat dan hukuman. Kemudian faktor- faktor yang mempengaruhi kepribadian anak adalah faktor lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta potensi yang sudah dimiliki oleh si anak. Sebagai orangtua harus mampu menamkan dan membina kepribadian anak dari sedini mungkin karena apabila kepribadian anak telah dibina sejak kecil maka dapat tercipta pondasi bagi kehidupannya yang kuat sehingga seorang anak tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif dan juga seorang anak akan siap dalam menghadapi masa depannya tentunya dengan bekal pendidikan agama yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 04:09 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 06:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6943 |
Actions (login required)
View Item |