Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Panduan Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Sub Materi Pteridophyta sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik

Setiawan, Ari (2021) Pengembangan Panduan Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Sub Materi Pteridophyta sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ARI SETIAWAN NPM. 1701060041 fiks_compressed - Ari Setiawan.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Sumber belajar selalu penting adanya dalam proses pembelajaran, terlebih sumber belajar bisa didapatkan dari berbagai media. Sumber belajar yang digunakan tak hanya menggugurkan kewajiban untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran namun sumber belajar juga harus memiliki kemenarikan dan kesesuaian untuk memotivasi siswa untuk aktif mengikuti proses pembelajaran. Dalam pembelajaran biologi karakteristik yang selalu dimiliki adalah terselenggaranya praktikum baik di Laboratorium ataupun di alam lingkungan.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi Pteridophyta sebagai sumber belajar di SMA Muhammadiyah 1 Sekampung udik dengan menggunakan metode penelitian Reaserch and Development (R&D) dan menggunakan model (ADDIE) analisys,
design, development, implementation, evaluation yang di definisikan sebagai salah satu model yang isinya terdapat merepresentasikan langkah-langkah dengan cara sistematika (tertata) pada penggunaan dengan tujuan tercapainya sebuah hasil yang di inginkan. Kemudian dilakukan validasi ahli materi dan ahli media untuk kelayakan produk yang dikembangkan untuk diujicobakan. Sampel ujicoba produk adalah guru mata pelajaran biologi dan 10 siswa untuk mengetahui respon kemenarikan produk yang di kembangkan.
Hasil validasi dari ahli materi sebesar 95% dengan kategori sangat baik dan validasi ahli media sebesar 88,5% dengan kategori sangat baik, dengan memperoleh hasil presentase tersebut produk yang di kembangkan telah layak untuk di ujicobakan. Hasil respon guru memperoleh hasil 85% dengan kategori sangat baik dan respon siswa sebesar 86,5% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini berupa produk pengembangan buku panduan praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi Pteridophyta dengan rekapitulasi
hasil dari tim validator, respon guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi Pteridophyta dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik dan memotivasi siswa untuk melakukan praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:42
Last Modified: 30 Nov 2022 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6945

Actions (login required)

View Item View Item