Nurhidayah, Arif Riatni (2021) Penerapan Strategi PEmasaran Terhadap Pengrajin Kelanting di Desa Rama Puja 2 dalam Meningkatkan Pendapatan Home Industry. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ARIF RIATNI NURHIDAYAH - Arif Riatni.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Strategi pemasaran adalah upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk memasarkan dan mengenalkan suatu produk maupun jasa kepada masyarakat dalam bininya. Salah satu bisnis yang dapat dilakukan guna memperoleh keuntngan yaitu dengan mendirikan home industry. Keberdaan industri rumahan dianggap sebagai tempat penampungan sementara bagi para pekerja yang belum masuk sektor formal, juga sebagai motor pertumbuhan aktifitas ekonomi. Home industry yang berada di Desa Rama Puja 2 Kecamatn Rama Utara Lampung Timur memproduksi dan memasarkan haasil industrnya berupa makanan ringan yaitu kelanting. Ada empat strategi pemasaran yang diterapkan yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan distribusi, serta strategi promosi. Namun diantara keempat strategi pemasaran tersebut yang dijadikan andalan adalah strategi produk dan strategi promosi, dengan memberikan produk yang berkualitas dan promosi yang baik melalui media sosial dan pemasaran langsung maka akan meningkatkan jumlah konsumen, dengan begitu pendapatan juga akan semakin meningkat.
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang digunakan pengrajin kelanting di Desa Rama Puja 2 dalam meningkatkan pendapatan home industrynya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan dapat meningkatkan pendapatan home industry kelanting di Desa Rama Puja 2, hal itu terbukti dengan peningkatan rata-rata pendapatan yang dihasilkan oleh home industry kelanting selama berjalannya usaha tersebut. Home industry kelanting mampu bertahan dan bersaing bahkan mampu meningkatkan pendapatan dari hasil produksinya, namun pemasarannya masih kurang optimal karena belum, bisa menjangkau masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 00:41 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 00:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6947 |
Actions (login required)
View Item |