Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung

Yunianti, Clara (2022) Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI CLARA - Clara Yunianti.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran blended learning merupakan pembelajaran yang mengacu pada belajar yang mengkombinasi atau mencampur antara pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran secara online (Internet dan mobile learning), sedangkan hasil belajar siswa merupakan salah satu bentuk perubahan baik dari sikap kognitif, afektif dan psikomotorik siswa yang diperoleh setelah melakukan pembelajaran baik tatap muka maupun secara online. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah apakah pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket) dan Dokumentasi. Kuesioner (angket) ditunjukan kepada siswa untuk mencari data tentang pembelajaran blended learning, dan dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah singkat berdirinya sekolah, visi misi dan tujuan, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan, dan data jumlah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung..
Setelah data dianalisis diketahui bahwa adanya pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis mengunakan rumus Chi Kuadrat dengan perolehan Chi Khuadrat (x2 hitung) yaitu 12,599 lebih besar dari harga Chi Kuadrat (x2 tabel) signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak dengan tingkat hubungan sangat kuat. Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya pembelajaran blended learning memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 66,47% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sekampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:41
Last Modified: 30 Nov 2022 00:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6948

Actions (login required)

View Item View Item