Musarofah, Alifatul (2022) Analisis Pelayanan KBIH Terhadap Tingkat Kepuasan Calon Jamaah Haji Pada KBIH Arafah Muhammadiyah Kota Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
1704010003 - ALIFATUL MUSAROFAH - mutia maharani.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pembinaan calon haji menjadi tanggung jawab Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, dalam hal ini seksi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA), Lembaga/Ormas Islam seperti Penyelenggara Ibadah Haji Khusus dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan sebagainya. Keberhasilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dapat dilihat dari aspek kepuasan jamaah haji, hal ini dapat terlihat seberapa besar penilaian jamaah atas kinerja yang diberikan oleh KBIH tersebut. Kepuasan jamaah akan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh KBIH sesuai dengan kehendak atau harapan jamaah. Untuk itu jaminan kualitas layanan menjadi prioritas utama bagi setiap KBIH dalam memanjakan jamaahnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teknik data kualitatif dengan berpikir induktif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa calon jamaah haji merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh KBIH Arafah Muhammadiyah Kota Metro maksimal dimulai dari materi yang diberikan sudah dipikirkan dengan baik dan juga pemateri memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik, sarana dan prasarana yang disediakan nyaman, luas dan terdapat pendingin ruangan (AC) serta saat pelaksanaan bimbingan manasik pembimbing turun tangan memberikan contoh kepada calon jamaah agar tidak ada kesalahan dalam praktek ibadah haji dan adanya fasilitas peninjau mulai dari ketanggapan pembimbing dalam merespon keluhan dan penyampaian informasi yang terarah dan dapat dipahami oleh calon jamaah haji.
Kata kunci: pelayanan, kepuasan pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:47 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 07:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6951 |
Actions (login required)
View Item |