Umaya, Izza (2022) Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD Al-Makmur Desa Bumiharjo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
izza umaya skripsi-1 - izza umaya.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Banyak orangtua yang menggunakan pola asuh otoriter dimana orangtua mendidik anak dengan paksaan dan anak merasa terkekang apabila waktunya anak istirahat tetapi orangtua memaksa untuk belajar dan orangtua yang selalu melarang ini dan itu, akibatnya anak menjadi takut untuk mencoba hal baru tersebut. Oleh sebab itu mendidik anak dengan cara yang terbaik bagi orangtua maupun anak-anak. Adapun pertanyaan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran pola asuh orangtua yang dibatasi oleh pola asuh demokratis, otoriter dan permisif terhadap perkembangan sosial emosional anak? 2) Apa saja faktor pendukung perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Al-Makmur desa Bumiharjo Lampung Timur? 3) Apa saja faktor penghambat perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Al-Makmur desa Bumiharjo Lampung Timur?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peran pola asuh orangtua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Al Makmur Desa Bumiharjo Lampung Timur dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Al-Makmur desa Bumiharjo Lampung Timur. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan analisis deskriptif, yang mengambil lokasi di PAUD Al-Makmur Desa Bumiharjo Lampung Timur. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti meggunakan triangulasi sumber. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan dan verifikasi. Hasil yang diperoleh peneliti di lapangan yaitu: 1) Pola asuh orangtua mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak terlihat dari perilaku dan karakter anak ketika di sekolah maupun di rumah. Sehingga peran pola asuh sebagai role model orangtua dalam mendidik anak untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak baik melalui proses pola asuh demokratis, otoriter, dan permisif menurut mereka sama-sama baik tergantung dengan orangtua masing-masing. 2) Faktor pendukung perkembangan sosial emosional anak ada faktor internal (dari diri sendiri) dan faktor eksternal (lingkungan sekitar). 3) Faktor penghambat perkembangan sosial emosional anak ada faktor internal (dari diri sendiri) dan faktor eksternal (lingkungan sekitar).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 00:42 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 00:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6956 |
Actions (login required)
View Item |