Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persepsi Siswa dalam Penerapan Blended Learning pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Seputih Raman

Fatmasari, Dwi (2021) Persepsi Siswa dalam Penerapan Blended Learning pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Seputih Raman. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DWI FATMASARI NPM. 1701060010 - DWI FATMASARI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang
menggabungkan berbagai cara penyampaian model pembelajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih dari itu sebagai elemen dari interaksi social.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian dalam penelitian ini adalah deskripsi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa dalam penerapan blended
learning pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Seputih Raman. Untuk mengetahui factor-faktor apa yang menjadi kendala terhadap penerapan blended learning pada pembelajaran biologi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Bedasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa diketahui bahwa persepsi siswa dalam penerapan blended learning pada pembelajaran biologi menunjukan presentase 36%, sehingga persepsi siswa dalam penerapan blended learning pada pembelajaran biologi dapat dikatakan kurang baik. Pada kategori ini mengharuskan adanya evaluasi terhadap system pembelajaran yang diberlakukan pada kondisi pandemic covid-19, dengan guru dan teman-teman saat proses belajar berlangsung. Adapun kendala siswa terhadap penerapan Blended Learning pada pembelajaran biologi. Blended Learning kurang baik diterapkan di sekolah karena, banyaknya kendala yang dialami oleh siswa contohnya,sinyal, jaringan internet dan terkendala oleh kuota internet. Kendala yang di alami ketika
disekolah yaitu kurangnya media pembelajaran dan fasilitas belajar yang belum memadahi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:42
Last Modified: 30 Nov 2022 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6960

Actions (login required)

View Item View Item