Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Bandar Jaya

Yuliani, Indri (2021) Peran Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Bandar Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI INDRI FIX BANGETT - Indri Yuliani.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Munculnya pandemi covid-19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya pendidikan. Proses pendidikan pada masa pandemi mengharuskan pembelajaran dilaksanakan dari rumah atau biasa disebut daring. Pada situasi ini, peran orangtua menjadi sangat penting dan tidak bisa dipungkiri. Sebagai pendidik pertama bagi anaknya, orangtua diharapkan mampu menjadi pendamping anak dalam belajar atau bahkan mungkin pengganti guru selama kegiatan belajar dari rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua dalam pendampingan pembelajaran daring pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Bandar Jaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Muhammadiyah Bandar Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran orangtua dalam pendampingan pembelajaran daring terdapat beberapa peran penting. Pertama, orangtua berperan sebagai motivator yaitu merayu, membujuk, dan membiarkan sampai mood belajar anak muncul. Hal ini dilakukan sebagai dorongan untuk anak dalam belajar. Kedua, orangtua berperan sebagai fasilitator yaitu memenuhi semua kebutuhan belajar anak mulai dari tempat belajar yang nyaman, alat-alat tulis, buku pelajaran, kuota internet, sampai handphone. Hal ini dilakukan agar semua proses pembelajaran anak dapat berjalan lancar. Ketiga, orangtua berperan sebagai pembimbing yaitu orangtua mendampingi, membimbing, menemani, serta memberikan perhatian kepada anak. Ketika anak mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran, orangtualah yang pertama kali membantu anak memberikan penjelasan. Dalam hal ini, orangtua yang paling berperan yaitu ibu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:39
Last Modified: 30 Nov 2022 00:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6966

Actions (login required)

View Item View Item