Murtadho, Muhamad Rizki (2022) Analisis Model-Model Pembelajaran Fiqih di Masa Penerapan Kurikulum Darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari Batanghari Lampung Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
TESIS - Muhamad Rizki Murtadho.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah model model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari? 2) Bagaimanakah implementasi model model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari? 3) Bagaimanakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi model-model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran model-model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari. 2) Untuk mengetahui implementasi model model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi model-model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunkan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Model-model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari adalah penerapan pembelajaran praktek Fiqih selama masa pandemi di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari tetap diadakan namun secara online atau dalam jaringan menggunakan media e-learning. 2) Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari adalah sebagai berikut: a) Perencanaan. b) Pelaksanaan. c) Evaluasi. 3) Faktor faktor yang mendukung dan menghambat implementasi model-model pembelajaran Fiqih di masa penerapan kurikulum darurat di SMP Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari adalah sebagai berikut: a) faktor pendukungnya dalam pembelajaran daring adalah penyediaan soal yang bisa diambil dikantor sekolah. b) Faktor penghambatnya dalam pembelajaran daring adalah minimnya dorongan orangtua. Faktor hambatan sinyal, orangtua yang tidak memiliki HP dan kuota yang terbatas.
Kata Kunci : Model-Model Pembelajaran, Fiqih, Kurikulum Darurat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 08:41 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 08:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6972 |
Actions (login required)
View Item |