Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Bisnis Pada Kedai Kopi Dhapu Aceh 21 Metro dalam Mempertahankan Eksistensi Usaha Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam

Permadi, Feri (2022) Analisis Strategi Bisnis Pada Kedai Kopi Dhapu Aceh 21 Metro dalam Mempertahankan Eksistensi Usaha Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FERI PERMADI - 1602040190 - PMD Channel.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis kini semakin ketat. pengusaha menghadapi tantangan yang lebih sulit untuk memulai bisnis mereka sendiri agar dapat bertahan dan mengembangkan bisnis yang mereka kelola dengan cara maksimal. Strategi bisnis merupakan kompetensi yang dimiliki oleh pengusaha atau pemilik perusahaan untuk menggambarkan lingkungan eksternal dan internal perusahaan, merumuskan strategi, mengimplementasikan rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan, dan melakukan evaluasi untuk mendapatkan timbal balik sembari merumuskan strategi di masa depan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang digunakan oleh Dhapu Aceh 21 Metro dalam menjaga eksistensi usahanya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian field research dan bersifat deskriftif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi fakta yang terjadi di lapangan meliputi studi pustaka dan gambar terkait tempat, wawancara (interview) kepada Pemilik (Doni Rahmat), Kepala Warung (Ramzi Ar Rahman) dan 5 orang pengunjung terhadap strategi yang digunakan yaitu meliputi harga, tempat, produk, dan juga promosi yang dilakukan. Dokumentasi yang digunakan berupa pengambilan gambar pada saat melakukan penelitian sebagai penunjang skripsi ini. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis penelitian deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi bisnis menggunakan bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat dan promosi dengan baik. Kemudian etika bisnis Islam telah memberikan ketentuan kepada Dhapu Aceh bahwa sebagai pelaku bisnis harus berpedoman yang mengacu kepada ketuhanan (tauhid), keadilan dan tanggung jawab telah sesuai dan tidak bertentangan dangan prinsip tersebut. Sehingga bisnis yang dijalankan tetap berada dijalan Allah Swt. dan agar tidak memberikan Mudhorot bagi konsumen dan dapat membawa keberkahan bagi pelaku usaha dan juga menjaga eksistensi ditengah persaingan yang semakin hari semakin ketat dalam menjalankan usaha warung kopi dengan mejaga keotentikan dari produk yang ditawarkan. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Etika Bisnis, Ekistensi Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:55
Last Modified: 06 Dec 2022 08:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item