Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Al-Islam Dalam Pembinaan Karakter Religius Siswa di SD Aisyiyah Metro

Riyanto, Vrendi Selamet (2022) Upaya Guru Al-Islam Dalam Pembinaan Karakter Religius Siswa di SD Aisyiyah Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
VRENDI SELAMET RIYANTO (1601010269) fixdd.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembinaan karakter religius merupakan hal yang wajib dilakukan bagi sekolah demi mencapai tujuan pendidikan Nasional. Dalam penelitian ini maka dapat dirumuskan pertanyaan penelitian yaitu Bagaimana upaya guru Al-Islam dalam pembinaan karakter religius siswa di SD Aisyiyah Metro. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil dari Upaya Guru Al-Islam Dalam Pembinaan Karakter Religius Siwa Di SD Aisyiyah Metro. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah yaitu penelitian lapangan atau field research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan bersifat deskriptif kualitatif. penellitian ini dilakukan di Taman Bunga Metro Kibang. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dalam penelitian ini menggunakan. Sumber data diambil dari berbagai informan diantaranya guru dan wakil kepala sekolah bagian Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Data tersebut dianalisis dengan cara berfikir induktif. Hasil dari beberapa narasumber yang peneliti wawancarai, dengan kegiatan yang diterapkan dalam implementsi yang diterapkan untuk membina karakter religius siswa seperti melaksanakan sholat, baik sholat dhuha maupun sholat dzuhur, melatih siswa untuk membaca doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu agar mereka terbiasa, hafalan 1 ayat per hari, dan tadarus al qur‟an. Dengan melaksanakan salat Dzuhur berjama‟ah karena sholat ini masih dalam waktu pembelajaran, atau Sholat Dhuha di pagi harinya, siswa siswi dididik beradaptasi dengan lingkungan sosialnya, pada saat salat berjama‟ah mereka dapat belajar bagaimana berkata yang baik,bersikap sopan dan santun, menghargai saudaranya semuslim, dan terjalinnya tali persaudaraan. Dan juga mereka menggunakan metode yang menarik yang sesuai dengan pokok bahasan sehingga membina karakter religius mereka dapat merubah prilaku dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Guru memberikan motivasi dengan menceritakan tentang kisah-kisah tauladan, memberikan pembiasaan seperti bersalaman, senyum kepada semua orang, memberikan salam. Adapun faktor penghambat dalam membina karakter religius yaitu masih kurangnya rasa disiplin siswa, semisal dalam hal melaksakan sholat, hafalan dll. Sehingga menghambat dalam pembinaan karakter religius siswa. Sedangkan faktor pendukungnya diantaranya tersedianya sarana dan prasarana dari sekolah, respon yang positif terhadap kerja sama kepada pihak wali murid, pengadaan program sekolah yaitu pembelajaran Al-Qur‟an lebih intensif dan lebih banyak dari plajaran umum, sehingga guru tinggal memberikan tindak lanjut berupa pembinaan agar nilai karakter religius siswa dapat terwujud.
Kata Kunci: Guru, Pembinaan, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:08
Last Modified: 07 Dec 2022 03:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6980

Actions (login required)

View Item View Item