Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Meubel Jati Mulyo di Kota Metro Lampung)

Dermawan, Hadi Megah (2022) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Meubel Jati Mulyo di Kota Metro Lampung). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Hadi penyerahan perpus - Hadi Megah Dermawan.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari manusia harus memenuhi kebutuhan hidupnya yaitu kebutuhuan primer, sekunder, dan tersier. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan tersebut, maka sangatlah erat kaitannya dengan dunia perdagangan. Dalam dunia perdagangan, pelaku usaha harus tahu tata cara berdagang yang baik dan benar, serta tahu bagaimana cara mendapatkan keuntungan dan bersaing yang sehat. Dalam menjalankan usaha, Allah SWT memberikan batasan-batasan kepada manusia agar setiap usaha yang dilakukan membawa keberkahan, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Promosi sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Meubel jati mulyo yang hanya mengandalkan promosi melalui Word of Mouth Communication positif dari konsumen sehingga tidak banyak orang yang mengetahui kualitas produk yang di produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dan meningkatkan volume penjualan yang ada di Meubel Jati Mulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan Mubel Jati Mulyo dalam meningkatkan srategi promosi dan minat konsumen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian field research (penelitian lapangan). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara dan juga dokumentasi. Dari hasil penelitian, upaya strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan ditinjau dari etika bisnis Islam pada Meubel Jati Mulyo di Kota Metro Lampung adalah melakukan promosi dari mulut ke mulut kepada teman dan rekan terdekatnya, kemudian menggunakan spanduk sebagai identitas yang diapajang di depan toko serta menggunakan katalog untuk memperlihatkan produk yang ada di meubel jati mulyo kepada calon konsumen. Yang dilakukan mengenai minat konsumen pada Meubel Jati Mulyo sudah sesuai dengan minat ekploratif. Dimana Meubel Jati Mulyo selalu mengutamakan kualitas produk yang akan dibeli oleh calon konsumen.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Volume Penjualan, Minat Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:29
Last Modified: 08 Dec 2022 02:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6989

Actions (login required)

View Item View Item