Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Menurut NU dalam Pembentukan Akhlak Siswa di MTs Darul A’mal Metro

Hasanah, Ulifah (2022) Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Menurut NU dalam Pembentukan Akhlak Siswa di MTs Darul A’mal Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
ULIFAH HASANAH - 1801010111 - Ulifah Hasanah.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dalam kehidupan dan merupakan sebuah sarana untuk membentuk anak yang pintar sekaligus memiliki akhlak yang mulia yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena krisisinya akhlak membuat pertikaian sehingga pembentukan akhlak harus dilakukan sejak dini. Pertanyaan peneliti dalam penelitian ini meliputi bagaimana cara implementasi nilai-nilai Aswaja menurut NU dalam pembentukan akhlak siswa MTs Darul A’mal Metro, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasiannya di MTs Darul A’mal Metro. Tujuan penelitian dari penelitian ini untuk mengetahui cara pengimplementasian nilai-nilai aswaja NU dalam pembentukan akhlak siswa MTs Darul A’mal Metro serta mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambatan dalam pengimplementasian pembentukan akhlak di MTs Darul A’mal Metro. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan sifat penelitian adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Sedangkan tekhnik analisi data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Implementasi nilai nilai aswaja dalam membentuk akhlas siswa menggunakan beberapa cara atau metode yang digunakan oleh guru yaitu dengan metode pemahaman, pembiasaan dan metode keteladanan. Metode pemahaman yang merupakan cara awal dalam guru menjelaskan dalam kelas kemudian dilanjutkan dengan metode pembiasaan yang harus dilakukan oleh semua siswa, dan keteladanan yang dilakukan oleh guru supaya dicontoh oleh siswanya. Serta faktor pendukung dalam pengimplementasian nilai dalam pembentukan akhlak siswa yaitu lingkungan sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pergaulan di luar sekolah dan peran orangtua.

Kata Kunci: Nilai-nilai Aswaja, Pembentukan Akhlak Siswa, Akhlak Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:03
Last Modified: 16 Dec 2022 01:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item