Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika di SD Negeri 11 Metro Pusat

Santhi, Silvia (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika di SD Negeri 11 Metro Pusat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI_SILVIA SANTHI_PGMI_1801051052 full - Joe Lbr.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman konsep penting bagi siswa karena akan membantu siswa dalam mengembangkan cara berpikirnya sehingga mampu menguasai materi yang dipelajari. Berkembangnya cara berpikir siswa dipengaruhi oleh upaya guru dalam mengajarkan materi yang dipelajari khususnya pada materi matematika dalam pokok bahasan bilangan cacah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga dapat menganalisis kejadian yang diteliti. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika yaitu dengan mengajarkan pemahaman konsep bilangan cacah pada siswa kelas III dengan menjelaskan definisi bilangan cacah dan garis bilangan, memberikan contoh soal menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan, memberikan contoh soal operasi hitung penjumlahan menggunakan garis bilangan dan soal cerita, memberikan latihan soal penjumlahan dan soal cerita, menggambar garis bilangan, mengajak siswa untuk menjawab latihan soal secara bersama-sama, serta mengevaluasi pemahaman konsep siswa dengan memberikan tugas. Kata Kunci: Upaya Guru, Pemahaman Konsep, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:45
Last Modified: 23 Dec 2022 02:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item