Bela, Elen Muna (2022) Peran Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi Elen Muna Bela - Elen Muna Bela.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kegiatan Kepramukaan dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di SD Negeri 9 Metro Pusat dengan melihat dari pelaksanaan kegiatan Pramuka, peran kegiatan Pramuka, membentuk kedisiplinan siswa melalui kegiatan Pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kegiatan Kepramukaan memberikan dampak positif dalam membentuk kedisiplinan siswa di SD Negeri 9 Metro Pusat. Hal ini ditunjukan melalui beberapa hal penting: Pertama, pelaksanaan kegiatan Pramuka dalam membentuk kedisiplinan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan serta evaluasi. Kedua, dalam membentuk kedisiplinan siswa pada kegiatan Pramuka melalui beberapa Strategi yang digunakan yaitu penegakan aturan melalui kegiatan rutin, komunikasi yang efektif dan peningkatan motivasi. Dan langkah langkah dalam membentuk kedisiplinan yaitu dengan pembiasaan, contoh atau teladan, penyadaran dan pengawasan. Output yang dihasilkan dari peningkatan kedisiplinan yaitu, peserta didik yang taat akan aturan diantaranya disiplin dalam bersikap, disiplin dalam waktu, disiplin dalam berpakaian serta disiplin dalam belajar. Adapun faktor pendukung dalam kegiatan ini adalah manajemen yang baik, potensi sumber daya manusia yang baik, semangat siswa, peran orang tua yang selalu mensupport kegiatan Pramuka serta banyaknya prestasi yang diperoleh oleh kegiatan Pramuka di SD Negeri 9 Metro Pusat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih terdapat absensi dan membolos pada saat latihan rutin, keterbatasannya pendanaan dalam menunjang kegiatan yang dilakukan sehingga berpengaruh pada saat pencairan dana, serta kurikulum yang begitu padat sehingga seiring waktu berdampak pada animo siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler menjadi menurun. Dengan demikian SD Negeri 9 Metro Pusat telah menunjukkan bagaimana Peran Kegiatan Kepramukaan yang efektif dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa.
Kata Kunci: Kepramukaan, Pendidikan, Kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:03 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7030 |
Actions (login required)
View Item |