Dharmawan, Dimas Adam (2022) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik MA Darul A’mal. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi Dimas Adam Dharmawan - Dimas Adam Dharmawan.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Kecerdasan interpersonal adalah salah satu kecerdasan yang harus dimiliki peserta didik. Kecerdasan interpersonal yang baik akan menciptakan hubungan yang baik dan efektif karena peserta didik mampu berempati dengan orang lain. Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yaong mampu mempengaruhi perkembangan kecerdasan interpersonal peserta didik.Kecerdasan interpersonal dipengaruhi oleh penanaman dan pembiasaan rasa empati dan kepedulian terhadap orang di lingkungan keluarga. Faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal adalah pembiasaan di lingkungan sekolah untuk menumbuhkan sikap empati, belas kasihan, dan penghargaan kepada orang lain yang membutuhkan. kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja dengan standarisasi sesuai yang di harapkan. Kompetensi sosial adalah perangkat perilaku tertentu yang merupakan dasar dan pemahaman din sebagai hagian yang tak terpisahkan dan lingkungan sosial serta tercapainya interaksi sosial secara efektif. Kompetensi sosial mencakup kemampuan interaktif dan pemecahan masalah kehidupan sosial.Kompetensi sosial merupakan salah satu kompetensi yang penting dimiliki guru. Urgensi tersebut disebabkan tiga aspek. Pertama, sebagai individu yang berkecimpung dalam pendidikan, guru harus memiliki kepribadian yang mencerminkan seorang pendidik. Kedua, tuntutan akan kepribadian sebagai pendidik lebih berat dirasakan dibanding profesi lainnya. Ketiga, guru merupakan figur yang menjadi panutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini Adalah Apakah terdapat pengaruh antara Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kecerdasan Interpersonal peserta didik MA Darul A’mal. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 631 peserta didik dengan sampel sebanyak 157 siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan menggunaka angket dan dokumentasi. Teknik analisis dara yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai pengaruh kempetensi sosial guru terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik pada MA Darul A’Mal maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukan nilai thitung sebesar 4,041 artinya thitung > ttabel (4,041 > 0,676). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara variabel kompetensi sosial (X) terhadap kecerdasan interpersonal (Y) peserta didik MA Darul A’Amal. Maka berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian mendukung hipotesis yaitu H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:09 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7036 |
Actions (login required)
View Item |