Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food (Studi Kasus Afza Frozen Food di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro)

Nurcahyani, Nadia (2022) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food (Studi Kasus Afza Frozen Food di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi_Nadia Nurcahyani_1804041109 - Nadia Nurcahyani.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Minat konsumen merupakan suatu kecenderungan sikap dimana seseorang membiasakan menggunakan produk-produk tertentu dan keinginan untuk memilih atau memakai barang-barang yang disukainya, dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Di era yang sudah modern ini menyebabkan perubahan persediaan bahan pangan, yang semula menggunakan bahan pangan segar beralih sebagian ke makanan beku cepat saji yang paling banyak diminati yaitu produk frozen food. Persaingan produk frozen food yang semakin hari semakin ketat dikarenakan keberadaan produk frozen food sudah tersebar luas di Kota Metro. Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian ini yaitu apa saja faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli produk di Afza Frozen Food. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli produk di Afza Frozen Food. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada admin dan konsumen Afza Frozen Food dan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap bahan informasi yang mendukung data-data peneliti yang didapatkan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli produk di Afza Frozen Food yaitu faktor internal (pekerjaan, gaya hidup, motivasi, sikap dan kepercayaan) dan faktor eksternal (budaya, sosial, kualitas produk, pelayanan, promosi, lokasi dan harga). Faktor-faktor tersebut didominasi oleh gaya hidup, sikap dan kepercayaan, pelayanan, harga.

Kata Kunci : Minat Konsumen, Produk Frozen Food

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:15
Last Modified: 29 Dec 2022 01:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item