Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran UKM Gula Merah Kelapa Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Sidomakmur Kecamatan Melinting)

Selawati, Amri (2022) Strategi Pemasaran UKM Gula Merah Kelapa Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Sidomakmur Kecamatan Melinting). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
AMRI SELAWATI-1804041017-2 - Amri Selawati.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan usaha yang akan dilakukan, hal ini mengacu pada serangkaian upaya pengusaha agar dapat menarik calon pembeli dengan kualitas produk yang dapat memenuhi selera pembeli, dengan harga bersaing dan dengan layanan yang memuaskan, untuk itu seorang pengusaha harus mampu menyusun dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar tercapai keberhasilan dan tujuan dari strategi pemasaran yang telah diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana penerapan strategi pemasaran yang diterapkan oleh pengusaha UKM gula merah kelapa dalam meningkatkan pendapatan keluarga ditinjau dari Ekonomi Islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik snowball sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif dengan menggunakan metode berfikir induktif dalam menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan maka dapat diketahui bahwa penerapan strategi pemasaran gula merah kelapa di desa sidomakmur, kecamatan melinting agar menarik calon pembeli yaitu dengan melakukan promosi sederhana yaitu hanya ke pedagang,masyarakat sekitar sampai akhirnya tersebar dari mulut ke mulut kemudian, kepengepul ke luar daerah, serta pedagang kue tradisional serta selalu menjaga kualitas dari gula merah kelapa. Adapun etika berniaga dalam Islam, produk gula merah kelapa di desa sidomakmur, kecamatan melinting dalam pembuatannya menggunakan bahan yang berkualitas dan halal, serta menjaga kebersihan dalam berproduksi kemudian dalam melakukan pemasaran tidak ada unsur saling menjatuhkan ataupun menjelekkan satu sama lain sesuai dengan pedoman ekonomi Islam.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pendapatan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:24
Last Modified: 28 Dec 2022 03:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7043

Actions (login required)

View Item View Item