Magrifa, Zisa (2022) Implementasi Pemberian Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak di TK PGRI 1 Sukadana Baru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Selesai zisa magrifa 2 - Zisa Magrifa.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pemberian stimulus terhadap aspek sosial emosional yang dilakukan oleh guru pada anak usia dini sangat penting bagi anak, pemberian stimulasi dapat mempercepat perose perkebangan sosial emosional bagi anak, namun permasalahan yang terjadi dilapangan masih banyak anak yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi saat ia belajar di sekolah. Bahkan mengalami setres saat anak berada dilingkungan sekolah. hal ini menunjukan bahwa aspek perkembangan sosial emosional masih sering terabaikan dan masih kurang dalam impelementasi atau penerapan dalam stimulasi yang dilakukan oleh guru. Hal tersebutlah yang mengakibatkan banyak anak yang masih belum optimal dalam perkemangan sosial emosionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data menngunakan wawancara, oervasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik penjamin keabsahan data menngunakan tringgulasi teknik dan tringulasi sumber. adapun rumusan maslah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam memberikan stimulasi terhadap perkembangan sosial emosioal anak dan apa saja faktor pendukung dan penghambat perkemangan soial emosioal anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pemberian stimulasi perkembangan sosial emosional pada anak di TK PGRI 1 Sukadana Baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa guru di TK PGRI 1 Sukadana Baru, sudah memberikan stimulasi terhadap perkembangan sosial emosional anak melalui berbagai upaya dan sesui dengan prinsip dalam pemberian stimulasi, dan terdapat beberapa faktor pendukung perkembangan sosial emosional anak diantaranya faktor lingkungan, kondisi fisik dan kondisi psikologis anak. dari beberapa stimulasi yang telah dilakukan tersebut, dihasilkan bahwa respon yang diberikan anak di TK PGRI 1 Sukadana Baru, Kab. Lampung Timur, pada kelas A, sudah menunjukan pencapaian perkembangan sosial emosional dalam lingkup kesedaran diri dengan cukup baik sesui indikator pencapaian perkembangan sosial emosional yang telah disebutakan dalam lingkup kesadran diri.
Kata kunci: Stimulasi, Perkembangan Soial Emosional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:58 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7045 |
Actions (login required)
View Item |