Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Simpanan Haji Dan Umroh Terhadap Minat Anggota (Studi Kasus BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah)

Galih, Lintang Putri Mahessa (2022) Strategi Pemasaran Produk Simpanan Haji Dan Umroh Terhadap Minat Anggota (Studi Kasus BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
1804102023_Lintang Putri Mahessa Galih_After Mun (1) - Lintang Putri Mahessa Galih.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Salah satu aset terpenting bagi lembaga keuangan adalah produk simpanan atau tabungan, salah satunya adalah simpanan haji. Tabungan haji merupakan suatu bentuk pelayanan dari perbankan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam merencanakan tabungan untuk berangkat haji. Untuk produk simpanan haji di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah kurang diminati oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini disebabkan karena selain produk simpanan haji tersebut masih tergolong baru, dalam mempromosikan produk tabungan haji, pihak BMT juga belum memiliki strategi jitu sehingga kurang menarik minat masyarakat untuk memilih produk simpanan haji. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pemasaran produk simpanan haji dan umroh di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah terhadap minat anggota. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mana peneliti akan mendeskripsikan tentang strategi pemasaran produk simpanan haji dan umroh terhadap minat anggota, kemudian peneliti menganalisanya guna untuk mendapatkan suatu pandangan atau kesimpulan. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian peneliti analisa menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara berpikir induktif. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa metode pemasaran yang digunakan pada produk Tabungan Haji dan Umroh di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah yaitu dengan melalui marketing mix 4P. Dengan menggunakan strategi marketing mix maka dapat dilihat pencapain yaitu berupa peningkatan nasabah pada Tabungan Haji dan Umroh pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah pada Tahun 2021.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Simpanan Haji dan Umroh & Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:52
Last Modified: 28 Dec 2022 02:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7046

Actions (login required)

View Item View Item