Dewi, Afni Nurvita (2022) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP N 3 Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
AFNI NURVITA DEWI NPM 1801081002-1 - Afni Nurvitae.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP N 3 Trimurjo di kelas VII B masih sulit untuk dilakukan, dikarenakan motivasi belajar siswa belum terlihat. Guru merupakan komponen pembelajaran yang mempunyai peran sangat penting di dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu guru memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan serta kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP N 3 Trimurjo. Serta mendeskripsikan kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP N 3 Trimurjo. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer berupa guru IPS dan sumber data sekunder berupa buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan terdapat peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembalajaran IPS yaitu: (1) Adanya lingkungan belajar yang kondusif, (2) Adanya kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran, (3) Adanya penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) dalam belajar, (4) Adanya hasrat keinginan untuk berhasil dalam belajar, (5) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, (6) Adanya harapan dan cita-cita untuk masa depan. Adapun kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: (1) Kendala yang datang dari keluarga atau orang tua, dan (2) Kendala yang datang dari lingkungan teman sebaya. Namun dari kedua kendala tersebut guru telah berupaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Kendala Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:49 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7047 |
Actions (login required)
View Item |