Solehah, Nisa Zumrotus (2022) Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Raudhatut Tholibin Pasiran Mumbang Jaya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi Nisa Zumrotus Solehah 1801050035 - Nisa Zumro.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang paling penting untuk manusia dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin bersaing dalam kemajuan sumber daya manusia. Terdapat dua aspek dalam pembelajaran yang paling menonjol yakni metode dan media pengajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam melaksanakan proses pembelajaran. Keberadaan media akan lebih membantu tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Para pendidik di tuntut untuk mampu memanfaatkan media yang telah disediakan oleh sekolah dan sadar bahwa media tersebut harus sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang melibatkan implementasi media pembelajaran audio visual. Walaupun MI Raudhatut Tholibin itu kelasnya belum di lengkapi dengan proyektor dan LCD tetapi pendidik disana berusaha menggukan berbagai cara untuk memberikan pembelajaran tanpa harus menggunakan metode ceramah, karena metode ceramah itu hanya menjadikan peserta didik jenuh saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan masalah yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah guna mendeskripsikan implementasi media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran fiqih kelas V, kendala-kendala yang dihadapi dan upaya-upaya yang dilakukan pihak sekolah dan pendidik yang bersangkutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi penelitian di MI Raudhatut Tholibin Mumbang Jaya. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dari wawancara kepala sekolah dan pendidik, serta sumber data sekunder dari dokumen-dokumen sekolah, foto-foto serta buku yang berkaitan dengan fokus penelitian yang menunjang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penelitian yang peneliti lakukan dengan terjun secara langsung di lapangan. Adapun hasil penelitian tersebut ialah implementasi media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran fiqih kelas V MI Raudhatut Tholibin sudah berjalan dengan cukup baik, hanya saja dalam pelaksanaannya pendidik masih menemui kendala-kendala seperti keterbatasan daya kreasi dari keterbatasan kemampuan dalam menggunakan aplikasi pembuat bahan ajar, keterbatasan dalam instalasi media pembelajaran, keterbatasan hal teknis Ketika terjadi disfungsi atau eror ketika pembelajaran berlangsung serta keterbatasan jumlah media sehingga terjadi benturan penggunaan media antara pendidik satu dengan pendidik lainnya. Adapun penyelesaiannya ialah dengan mengadakan bimbingan teknis bagi guru-guru kelas terkait pembuatan bahan ajar, instalasi media pembelajaran, penanganan eror dan penjadwalan terhadap penggunaan media pembelajaran audio-visual.
Kata Kunci: Audio-visual, Media Pembelajaran, Fiqih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 08:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 08:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7053 |
Actions (login required)
View Item |