Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatan Pendapatan (Studi Kasus Usaha Bakso Tenes Bts Punggur, Kabupaten Lampung Tengah)

Rohmah, Lailatul (2022) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatan Pendapatan (Studi Kasus Usaha Bakso Tenes Bts Punggur, Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI-Lailatul+Rohmah-1804041093 - Lailatul Rohmah.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah mengenai strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan pada usaha bakso tenes BTS Punggur, Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran pada usaha bakso Tenes BTS Punggur dalam meningkatkan pendapatan. Jenis penelitian ini adalah field research, yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha Bakso Tenes BTS Punggur sudah melakukan berbagai macam strategi pemasaran, seperti : strategi produk, harga, tempat, promosi, SDM, proses dan bukti fisik. Dalam hal ini usaha Bakso Tenes BTS Punggur mampu memaksimalkan berbagai macam strategi pemasaran tersebut dan juga sangat pandai membaca peluang sehingga pendapatan dapat dimaksimalkan. Adapun bentuk strategi pemasaran yang pertama yaitu strategi produk yang mana usaha Bakso Tenes BTS Punggur menjual bakso yang berkualitas serta memiliki harga yang beragam sehingga semua kalangan dapat membeli produk tersebut. Yang kedua adalah strategi harga yang mana Bakso Tenes BTS ini mempunyai harga yang standar dengan kualitas yang baik. strategi ketiga yaitu strategi tempat yang mana usaha Bakso Tenes BTS Punggur memiliki tempat yang strategis dan dekat dengan keramaian sehingga mudah dijangkau oleh pelanggan. Strategi keempat yaitu promosi, dalam hal ini promosi yang dilakukan oleh usaha bakso Tenes Punggur yaitu melakukan pembuatan plang nama pada pinggir jalan raya Punggur – Metro, banner didepan toko dan juga melakukan promosi menggunakan sosial media seperti facebook dan whatsapp sehingga jangkauan promosinya semakin luas. Adapun bentuk strategi yang kelima yaitu SDM, dalam hal ini pengelola usaha bakso tenes BTS Punggur mempunyai 5 karyawan dengan 1 kasir yang memiliki kemampuan yang baik sehingga kepuasan konsumen terhadap produk serta pelayanan terpenuhi. Adapun bentuk strategi keenam yaitu proses, dalam hal ini proses dari mulai pembuatan bakso hingga ke tangan konsumen sudah dijalankan sesuai prosedur agar selalu terjaga kualitasnya. Adapun bentuk strategi ketujuh yaitu, bukti fisik, dalam hal ini usaha bakso tenes BTS Punggur telah memiliki produk yang berkualitas dan juga bangunan yang luas serta rapih dan bersih sehingga konsumen merasa nyaman saat berbelanja produk bakso.

Kata kunci : Strategi pemasaran, usaha bakso, marketing mix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:11
Last Modified: 27 Dec 2022 08:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7057

Actions (login required)

View Item View Item