Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Marketing Mix dan Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kerajinan Bambu (Studi Kasus Industri Kerajinan Tangan Desa Sidomukti 55, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur)

Nurakhimah, Atik (2022) Marketing Mix dan Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pengembangan Industri Kerajinan Bambu (Studi Kasus Industri Kerajinan Tangan Desa Sidomukti 55, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Atik Nurakhimah -1804040017 - ESy.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penarapan Marketing Mix dan peran ekonomi kreatif sangat berpengaruh mendorong perkembangan bisnis. Variabel dari marketing mix yang terapkan Komburi Craft yaitu: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Proses, People dan Bukti Fisik. Kesuksesan sebuah pemasaran ditentukan oleh kemampuan seorang pembisnis memaksimalkan tujuh variabel tersebut. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian terkait marketing mix dan peran ekonomi kreatif dalam perkembangan industri kerajian bambu (Komburi Craft). Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer diperoleh dari Kepala Desa Sidomukti, Owner Komburi Craft, Pengurus Komburi Craft, Pengrajin, Agen Penjualan dan Konsumen Komburi Craft. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang berhubungan dengan Marketing mix, ekonomi kreatif, dan pengembangan indutri serta diperoleh dari dokumen monografi desa dan dokumen Komburi Craft. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Komburi Craft sudah menjalankan marketing mix produk, harga, tempat, promosi, proses, people dan bukti fisik sesuai dengan teori Marketing Mix, sehingga mengalami peningkatan pendapatan. Hanya saja Komburi Craft belum maksimal melakukan kegiatan promosi. Dengan adanya pelatihan inovasi produk, ekonomi kreatif dapat berperan dalam peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja masyarakat di desa Sidomukti 55, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:12
Last Modified: 28 Dec 2022 07:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7064

Actions (login required)

View Item View Item