Hidayanti, Nurul (2022) Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar SISWA KELAS VIII di UPT SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
NURUL HIDAYANTI - Nurul Hidayanti.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan bertanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, yang sekaligus merupakan bagian dari keberhasilan dalam pengelolaan intruksional kelas. Hasil belajar merupakan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat perubahan perilaku yang bersangkutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―apakah ada pengaruh keterampilan bertanya guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan bertanya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yaitu 50 siswa, dan yang menjadi sampelnya berjumlah 50 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Dalam penenlitian ini teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat dan uji koefisien kontingensi Hasil menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian diperoleh Chi Kuadrat hitung antara keterampilan bertanya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu 18,08, kemudian hasil tersebut dikonsultasikan dengan Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9.488. lalu hasil perhitungan koefisien kontingensi dengan hasil Chitung 0,515 dan Cmax 0,816 maka keterampilan bertanya memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 63,11 dalam mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat. Dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% maka hipotesis no (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini signifikan, dalam arti hipotesis yang menyatakan ―Bahwa ada pengaruh keterampilan bertanya guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat‖ di terima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan bertanya guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 08:23 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 08:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7067 |
Actions (login required)
View Item |