Kumalasari, Fitri (2022) Analisis Interaksi Sosial dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTs An-Nuur Guppi Mojopahit. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI_FITRI KUMALASARI_1801081017 - Fitri Kumalasari.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Interaksi sosial dalam pembelajaran IPS di MTs An-Nuur Guppi Mojopahit sebagian besar siswa sudah aktif, namun terkadang masih terlihat ada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa yang aktif ada 51 orang dengan jumlah persentase 84% dan siswa yang tidak aktif ada 10 orang dengan persentase 16%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai interaksi sosial dalam pembelajaran IPS di kelas VII MTs An-Nuur Guppi Mojopahit kecamatan Punggur Lampung tengah. Proses belajar mengajar dengan melibatkan interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya dapat mengembangkan interaksi yang dinamis saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti dalam menggunakan teknik purposive sampling yaitu cara pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS proses interaksi sosial yang ditetapkan oleh guru mata pelajaran IPS kelas VII yakni melalui 3 (tiga) tahapan proses kegiatan. Tahapan proses kegiatan tersebut yaitu 1) Kegiatan pendahuluan, 2) kegiatan inti, 3) Kegiatan penutup.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Guru, siswa, proses pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 08:52 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 08:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7084 |
Actions (login required)
View Item |