Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X DI MAN 1 Metro

Rahmatullah, Acep (2022) Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X DI MAN 1 Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Acep Rahmatullah NPM. 1801010002 - Acep Rahmatullah.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Strategi guru sejarah kebudayaan islam adalah suatu usaha yang diakukan oleh guru sejarah kebudayaan islam untuk memecahkan suatu masalah,adapun salah satunya adalah strategi menegenai peyelesaian kesulitan belajar yang di alami siswa yang pada kenyataannya masih ada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Oleh karena itu guru di tuntut untuk dapat menyelesaikan kesulitan belajar siswanya oleh sebab itu pula peneliti tertarik membahas mengenai satrategi guru sejarah kebudayaan islam dalam mengtatasi kesulitan belajar siswa kelas X di MAN 1 Metro.adapun tujuan dari peelitian ini ada lah untuk mendeskripsikan upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan belajar yang di alami siswa kelas X serta faktor apa saja yang mempengaruhinya Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara sebagai metode pokok , observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung sumber data premiar di sini adalah guru SKI dan siswa kelas X serta dokumentasi berkas sekolah sebagai data penunjang. Tenik penjamin keabashan data yang di gunakan adala triangulasi sumber dan teknik. Analisis data di lakukan secara mereduksi data, menyajikan data , dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi guru SKI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dilakukan dengan cara mengenalakan mata pelajaran SKI lalu memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar lebih giat memberikan tugas tambahan dan juga mberkan remedial bagi siswa yang tidak menapai target belajar serta membiasakan siswa untuk mengikuti peraturan yang ada. Ada pun faktor yang mempengaruhi startegi guru dalam mengatasi kesulitan belaja siswa di bagi menjadi faktor internal seperti malasnya siswa dalam belajar lalu kurang termotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran dan faktor eksternal adalah kondisi kelas yang kurang kondusif dan juga materi materi yang cukup banyak untuk di baca dan di pahami para siswa

Kata Kunci : Startegi Guru, Kesulitan belajar , Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:32
Last Modified: 30 Dec 2022 01:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7087

Actions (login required)

View Item View Item